Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Cara Agar Memori iPhone Tidak Mudah Penuh

Cara agar memori iPhone tidak mudah penuh - Pengguna iPhone sering kali dibuat jengkel dengan sering penuh memori. Sebenarnya bukan hanya iPhone saja, pengguna Android pun sama. Apa lagi jika sobat sedang membutuhkan memori untuk menyimpan data, atau hanya sekedar menyimpan foto.

Memang ada beberapa jenis ponsel smartphone yang tidak memiliki slot memori eksternal. Sehingga masalah memori penuh tidak bisa dihindari. 

Apple termasuk didalamnya. Walaupun sudah dibekali dengan memori internal, namun jika pemilik perangkat tersebut banyak menyimpan data atau foto pada ponselnya, maka masalah ini cepat atau lambat akan terjadi.

Sebenarnya ada cara sederhana untuk bisa meminimalisir hal tersebut. Pemilik ponsel hanya perlu sedikit telaten agar hal seperti ini tidak mengganggu kenyamanan dalam menggunakan ponsel.

Cara Agar Memori iPhone Tidak Mudah Penuh

Sering Memeriksa Penggunaan Memori

Dalam hal ini memang terkadang pemilik ponsel sedikit malas untuk mengeceknya. Padahal cara untuk mengeceknya tidaklah rumit. Sobat hanya perlu membuka menu Pengaturan Penyimpanan. Di dalam menu tersebut sudah di uraikan penggunaan memori dengan warna yang berbeda. Bahkan di menu tersebut juga sobat bisa melihat aplikasi mana saja yang memakan banyak memori.

Sortir Aplikasi yang Tidak Terlalu Penting

Jika sudah membuka menu Pengaturan Penyimpanan, maka sobat bisa memilih aplikasi mana yang paling banyak memakan memori, namun tidak terlalu dibutuhkan. Jika iya, saran dari saya hapus saja atau uninstall saja aplikasi tersebut. Hal ini akan sangat membatu sekali dalam mengembalikan memori iPhone agar tidak cepat penuh.

Hapus Media yang tidak Perlu

Media yang saya maksudkan disini adalah Foto, Video, dan juga Musik atau MP3. Pilihlah yang menurut sobat paling penting. Jika sayang untuk menghapus Foto atau Video, maka pergunakanlah penyimpanan online seperti Google Drive. Jika yang akan dihapus adalah Musik, maka pilihlah lagu yang sering didengarkan saja. Atau bisa juga sobat beralih ke layanan musik streaming, sehingga tidak menggangu memori.

Hapus Cache dari Browser

Menghapus cache juga bisa meminimalisir kasus memori penuh pada iPhone. Bukan hanya iPhone saja sebenarnya, hal ini juga berlaku untuk ponsel android.

Cara menghapus cache pada Safari
  1. Masuk ke menu Pengaturan
  2. Pilih Safari
  3. Pilih Hapus Riwayat atau Data Situs Web


Cara menghapus cache pada Chrome
  1. Buka aplikasi Chrome
  2. Ketuk tanda titik tiga di pojok kanan atas
  3. Pilih Histori, kemudian ketuk
  4. Terakhir pilih Hapus Data Penjelajahan


Nah mudah bukan, selamat mencoba

Posting Komentar untuk "Cara Agar Memori iPhone Tidak Mudah Penuh"