Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Atmosfer Bumi - Pengertian, Unsur Penyusun, Lapisan dan Fungsinya

Pengertian Atmosfer 

Dikutip dari Wikipedia, Atmosfer adalah lapisan gas yang menyelimuti sebuah planet. Atmosfer sendiri berasal dari bahasa Yunani, yaitu Atmos yang berarti uap dan Shapira yang berarti bulatan. Jika diartikan kembali Atmosfer adalah lapisan uap yang menyelimuti bulatan planet. Di Bumi, Atmosfer berada di ketinggian 0-1000 Km. Setiap lapisan Atmosfer memiliki karateristik dan peran yang berbeda.

Unsur Penyusun Atmosfer

Atmosfer yang menyelimuti bumi memiliki kandungan berbagai unsur gas. Untuk lebih jelasnya silahkan simak tabel dibawah ini

JENIS GAS PERSENTASE
Nitrogen (N2) 78,08%
Oksigen (O2) 20,95
Argon (Ar) 0,93%
Karbondioksida (CO2) 0,035%
Neon (Ne) 0,0018%
Matana (CH4) 0,0017%
Helium (He) 0,00005%
Hidrogen (H2) 0,000005%
Xenon (Xe) 0,000009%
Ozon (O3) 0,000004%
Klorofluorokarbon (CFC) 0,00000002%


Dari tabel diatas, gas Nitrogen (N2) merupakan penyusun Atmosfer yang paling banyak, kemudian disusul Oksigen (O2). Unsur gas tersebut memiliki fungsinya masing-masing. Contoh saja, dalam lapisan Atmosfer terdapat unsur gas Karbondiokasida (CO2). Walaupun manusia dan hewan tidak memerlukan gas ini, namun tumbuhan memerlukannya untuk proses fotosintesis. Terdapat juga kandungan lain seperti Ozon yang berfungsi untuk menghalangi sinar Ultra Violet matahari.

Lapisan Atmosfer

 
 Sumber Gambar: Jagad
 
Lapisan Atmosfer terdiri dari 5 lapisan yang memiliki fungsi dan karakteristik yang berbeda. Lapisan-lapisan tersebut adalah

Troposfer

Troposfer adalah lapisan dari Atmosfer yang paling bawah. Lapisan ini memiliki ketinggian antara 0-10 Km. Ketebalanya berbeda antara dibagian kutub, yaitu 0-8 Km dan dibagian garis ekuator ketebalannya 0-16 Km. Pada lapisan Troposfer inilah gejala-gejala cuaca terjadi seperti Hujan, Awan, dan Petir. Pada lapisan ini berlaku Gradien Temperatur Vertikal, yaitu perubahan temperatur suhu sesuai dengan perubahan ketinggian pada waktu tertentu dan tempat tertentu.

Stratosfer

Lapisan ini adalah lapisan kedua dari Atmosfer bumi. Lapisan Stratosfer memiliki ketinggian 10-50 Km. Pada lapisan ini terdapat Ozon yang berfungsi melindungi bumi dari Radiasi Matahari yang bisa berbahaya bagi kelangsungan makhluk hidup.

Diantara Lapisan Troposfer dan Lapisan Stratosfer terdapat zona aman untuk penerbangan. Lapisan ini dinamakan Tropopause. Kenapa bisa aman? Karena pada lapisan ini gejala cuaca, seperti awan, hujan, petir dan lain-lain tidak ditemukan.

Lapisan Stratosfer sendiri terdiri dari dua lapisan yaitu Lapisan Isotermal (11-20 Km) dan lapisan Inverse (20-49 Km)

Mesosfer

Lapisan Mesosfer memiliki ketinggian 50-85 Km. Dengan suhu yang sangat dingin yaitu -1000 Celcius, Lapisan ini berfungsi melindungi Bumi dari ancaman jatuhnya benda-benda angkasa seperti Meteor.

Pada lapisan Mesosfer ini terdapat lapisan bermuatan listrik yaitu Ionosfer yang seringkali menyebabkan terjadinya fenomena Aurora dari uap air atau debu meteor yang hancur saat melawati lapisan Mesosfer.

Batas antara Lapisan Stratosfer dan Lapisan Mesosfer disebut Stratopause.

Termosfer

Lapisan ini berjarak 85-500 Km dari permukaan laut. Dengan jarak yang begitu tinggi, lapisan paling atas Termosfer bisa memiliki suhu sampai 10000 Celcius. Maka lapisan ini juga disebut Zona Panas (Hot Layer).

Pada lapisan ini terdapat juga lapisan Ionosfer yang yang berfungsi menjadi pemantul gelombang radio agar tidak hilang keluar angkasa (tergantung jenis dan frekuensinya) karena adanya Appleton (lapisan F) yang berasal dari ionisasi gas-gas oleh radiasi Matahari yang menyebabkan fenomena aurora dari debu meteor dan uap air. Partikel ion yang terbentuk inilah yang menjadi pemantul gelombang radio bumi.

Batas antara Lapisan Mesofer dan Lapisan Termosfer disebut Mesopause.

Eksosfer

Lapisan Eksosfer adalah lapisan terluar dari susunan Lapisan Atmosfer. Eksosfer berada di ketinggian 500-1000 Km dari permukaan bumi. Pada lapisan ini gaya gravitasi bumi hampir tidak ada. Sehingga jika ada benda, maka benda tersebut akan melayang-layang.

Lapisan Eksosfer memiliki kandungan gas Hidrogen yang sangat banyak, serta sering terjadi fenomena cahaya redup (zodiakal dan gegen-chein) yang disebabkan oleh pantulan sinar matahari yang mengenai debu meteor.

Fungsi Lapisan Atmosfer

Saya kira sudah sangat jelas apa yang sudah saya jelaskan diatas, namun untuk agar lebih afdol akan saya ringkas kembali fungsi Atmosfer bagi bumi

  1. Manjadi pelindung bumi dari benda-benda angkasa yang jatuh
  2. Melindungi bumi dari radiasi berbahaya
  3. Menjadi penyetabil suhu udara dibumi
  4. Manjadi pemantul gelombang radio
  5. Dan menjadi penunjang kehidupan dengan adanya gas-gas yang terkandung didalamnya.

Sumber: wikipedia dan lain-lain

Posting Komentar untuk " Atmosfer Bumi - Pengertian, Unsur Penyusun, Lapisan dan Fungsinya"