Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Cara Mengatasi Keyboard Laptop Error


Cara mengatasi Keyboard laptop Error - Keybord adalah salah satu komponen yang penting bagi Laptop atau PC. Jadi sudah seharusnya sebagai pemilik perangkat kita wajib untuk merawatnya agar tidak mengalami error. Karena jika terjadi error pada keyboard dan tidak segera untuk memperbaikinya, maka bisa saja kerusakan akan bertambah parah dan bisa menular ke bagian lainnya.

Jika sudah demikian maka sobat bisa mengeluarkan biaya tambahan lain yang pastinya akan sedikit menguras kantong.

Sebenarnya ada cara-cara sederhana untuk bisa mengatasi keyboard error tanpa perlu dibawa ke tukang service. Dengan catatan error pada keyboard ini belum terlalu sering ya guys…

Cara mengatasi Keyboard laptop Error
 

Restart Perangkat

Jangan buru-buru dibawa ke tempat service, untuk memperbaiki keyboard atau bahkan menggantinya. Karena bisa saja hal ini terjadi kerana error pada software saja. Jadi tidak perlu menggantinya yang pastinya akan memerlukan biaya yang tidak sedikit.

Sobat bisa mencoba untuk memulai ulang laptop. Dengan melakukan restart pada laptop, harapannya bisa memperbaiki kondisi software sehingga keyboard kembali normal. Sobat bisa menekan tombol power sedikit lama, maka akan ada pilihan untuk melakukan restart pada laptop sobat.

Restore Windows

Sebelum membawanya ke tukang service, cobalah untuk restore pada windows. Tentu saja jika cara untuk memuat ulang laptop gagal atau dengan kata lain keyboard masih tetap error.

Cara melakukan restore pada windows

  1. Carilah menu Control Panel
  2. Pilih Back Up your Computer
  3. Jika sudah, maka akan muncul pilihan recovery system. Pilih opsi tersebut


Perbaiki Driver Keyboard

Jika kedua cara diatas keyboard masih saja error, Sobat bisa melakukan pengecekan pada Driver Keyboard. Biasanya keyboard error bisa jadi disebabkan karena ada masalah pada Driver. Untuk itu tidak ada salahnya untuk melakukan pengecekan.

Cara melakukan pengecekan pada Driver Keyboard

  1. Masuk ke menu Control Panel
  2. Pilih Device Manager dan pilih opsi system security


Bersihkan Keyboard

Salah satu penyebab keyboard error bisa juga disebabkan karena keyboard yang kotor. Debu yang menempel pada lapisan keyboard bisa menyebabkan keyboard tidak berfungsi sebagaimana mestinya.

Cobalah untuk membersihkannya terlebih dahulu sebelum membawanya ke tempat service. Sobat bisa menggunakan tissue, atau lap kering yang bersih. Atau bisa juga menggunakan kuas khusus.

Gunakan On screen Keyboard dan USB Keyboard

Memang cara ini bisa digunakan, akan tetapi sobat harus klik menggunakan mouse satu persatu huruf dan angka yang ada. Dan pastinya akan membutuhkan waktu yang sedikit lama. Atau sobat bisa juga menggunakan USB Keyboard.

itulah beberapa cara untuk mengatasi keyboard yang error. Buat sobat yang mungkin punya cara lainnya bisa komen di kolom komentar dan berbagi dengan teman lainnya.

Posting Komentar untuk "Cara Mengatasi Keyboard Laptop Error"